JALAN MENUJU PENDIDIKAN BERMUTU
MUHAMMAD RIDWAN, S.Pd., M.Pd
(Akademisi Muda)
Mengawali pembahasan pendidikan perlu diketahui bahwa pendidikan merupakan jembatan pengetahuan seseorang untuk mencapai sebuah harapan atau keinginan dalam diri.
Hal tersebut diatas selaras dengan tujuan utama pendidikan yang tertuang dalam UUD 1945 alinie ke 4 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.
Jhon Dewey menjelaskan bahwa tujuan pendidikan adalah membentuk anak menjadi anggota masyarakat yang baik, yaitu anggota masyarakat yang mempunyai kecakapan praktis dan dapat memecahkan problem sosial sehari-hari dengan baik.
Menurut Undang-Undang No.20 Tahun 2003, tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Masalah yang paling mendasar dari pendidikan adalah kaburnya tujuan pendidikan. Hal ini menyebabkan isi dan metode pendidikan terkadang tidak tepat karena tujuan pendidikan yang tidak jelas. Tujuan pendidikan sebenarnya sangat berguna untuk menentukan ke arah mana seorang pelajar akan dibawa.
Kepandaian tanpa pembentukan karakter yang baik hanya akan menghasilkan sebuah ijazah, namun tidak menghasilkan generasi yang berbudi luhur.
Pendidikan yang bermutu bukan sesuatu yang terjadi dengan sendirinya, dia merupakan hasil dari suatu proses pendidikan berjalan dengan baik, efektif dan efesien.
Langkah utama yang perlu diperhatikan secara seksama adalah membuat sebuah formulasi permanen pendidikan bermutu sehingga out put yang akan dihasilkan oleh suatu lembaga pendidikan menjadi nilai tersendiri dalam meningkatkan kualitas pendidikan antar lembaga.
Pernyataan diatas jelas betapa pentingnya keselarasan antara input, proses, tujuan serta fungsi pendidikan sehingga menghasilkan mutu atau kualitas pendidikan yang siap bersaing.
Komentar
Posting Komentar